EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN BINGO REVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TARIKH DI KELAS VIII WUSTHO PESANTREN DARUT THALIB KOTA SOLOK
Abstract
Guru mata pelajaranTarikh di Wustho Pesantren Darut ThalibKota Solok masih menggunakan metode ceramah dalampembelajaran. Metode ceramah tersebut bersifat monoton, siswa hanya mendengarkan dan tidak berperan aktif dalampembelajaran. Hal ini membuat siswa menjadi kurangbersemangat, bosan, mengantuk, dan kurang tertarikmengikuti pembelajaran. Akibatnya, hasil pembelajaran siswatidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu75. Untuk peneliti tertarik mengujicobakan strategi bingo review dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaranTarikh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuiseberapa besarnya efektivitas strategi bingo review terhadaphasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran Tarikh di kelasVIII Wustho Pesantren Darut Thalib Kota Solok. Penelitian inimerupakan penelitian eksperimen, dengan rancanganRandomized Control Group Post-test Only Design. Sampel di pilih dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling.Penelitian dilaksanakan pada 11 Oktober sampai 11 November 2021. Penelitian mejadikan kelas VIII A sebagai kelaseksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes. Untuk pengujian hipotesis, penelitimenggunakan rumusUji-t. Hasil penelitian tersebutmenunjukkan jumlah t hitung 2,194 dan t tabel 2,019. Angkamenunjukkan bahwa strategi bingo review efektif dalammeningkatkan hasil belajar siswa dari pada tidakmenggunakan strategi bingo review atau hanya menggunakanmetode ceramah pada mata pelajaranTarikh.
Kata Kunci : strategi pembelajaran bingo review dan hasilbelajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Diniyyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.