PENGAJARAN BAHASA ARAB IBU RUMAH TANGGA DENGAN METODE GRANADA
Bahasa Indonesia
Keywords:
Metode Granada, Pembelajaran Bahasa Arab, Ibu rumah tanggaAbstract
Pembelajaran Bahasa Arab tidaklah terbatas di sekolah-sekolah formal, apalagi dibatasi oleh usia tertentu. Akan tetapi pada hakikatnya belajar bahasa arab merupakan hak semua muslim yang ingin memahami agamanya baik itu dari usia anak-anak, dewasa hingga usia lanjut, baik itu laki laki maupun perempuan. dan termasuklah di dalamnya ibu-ibu rumah tangga. Pengajaran Bahasa Arab untuk ibu-ibu rumah tangga membutuhkan strategi khusus karena mereka memiliki kesibukan dengan urusan rumah tangganya. Penelitian ini menyuguhkan bagaimana pengajaran bahasa arab untuk kalangan ibu rumah tangga dengan metode Granada. Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Dengan penelitian yang telah dilakukan ini didapati bahwa pengajaran Bahasa arab untuk kalangan ibu rumah tangga dengan menggunakan metode Granada efektif dan sesuai untuk kalangan pemula dalam Bahasa Arab.
References
Ahmad, Solihin Bunyamin, 2007. Panduan Belajar mengajar Metode Granada system 4 langkah ,Jakarta: Granada Investa Islami, cet. 5.
Abu Ahmadi, M.Umar, 1992. Psikologi Umum, Surabaya: PT Bina Ilmu,
Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Agama RI, Al Quran dan terjemahannya, 2006, Mushaf ar rusydi, Jakarta: PT Management Cahaya Qur’an
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
J. Moloeng, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
¬¬_____J. Moloeng, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
_____J. Moloeng, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Marzuki , 2002 . Metodologi Riset, Jogjakarta: PT Prasetia Widya Pratama,
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi, Bandung: Alfabeta.
_____Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi, Bandung: Alfabeta.
Sudarsono, Shobron dkk, 2014, Pedoman Penulisan Tesis, Surakarta: Pasca UMS
Yusuf, Tayar, 1997, Metodelogi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Diniyyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.