PENGAJARAN BAHASA ARAB IBU RUMAH TANGGA DENGAN METODE GRANADA

Bahasa Indonesia

Authors

  • Sulasmi STIT Diniyyah Puteri Padang Panjang

Keywords:

Metode Granada, Pembelajaran Bahasa Arab, Ibu rumah tangga

Abstract

 

Pembelajaran Bahasa Arab tidaklah terbatas  di sekolah-sekolah formal, apalagi dibatasi oleh usia tertentu. Akan tetapi pada hakikatnya belajar bahasa arab merupakan hak semua muslim yang ingin memahami agamanya baik itu dari usia anak-anak, dewasa hingga usia lanjut, baik itu laki laki maupun perempuan. dan termasuklah di dalamnya ibu-ibu rumah tangga. Pengajaran Bahasa Arab untuk ibu-ibu rumah tangga membutuhkan strategi khusus karena mereka memiliki kesibukan dengan urusan rumah tangganya. Penelitian ini menyuguhkan bagaimana pengajaran bahasa arab untuk kalangan ibu rumah tangga dengan metode Granada. Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Dengan penelitian yang telah dilakukan ini didapati bahwa pengajaran Bahasa arab untuk kalangan ibu rumah tangga dengan menggunakan metode Granada efektif dan sesuai untuk kalangan pemula dalam Bahasa Arab.

References

Ahmad, Solihin Bunyamin, 2007. Panduan Belajar mengajar Metode Granada system 4 langkah ,Jakarta: Granada Investa Islami, cet. 5.

Abu Ahmadi, M.Umar, 1992. Psikologi Umum, Surabaya: PT Bina Ilmu,

Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Agama RI, Al Quran dan terjemahannya, 2006, Mushaf ar rusydi, Jakarta: PT Management Cahaya Qur’an

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

J. Moloeng, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

¬¬_____J. Moloeng, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

_____J. Moloeng, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Marzuki , 2002 . Metodologi Riset, Jogjakarta: PT Prasetia Widya Pratama,

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi, Bandung: Alfabeta.

_____Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi, Bandung: Alfabeta.

Sudarsono, Shobron dkk, 2014, Pedoman Penulisan Tesis, Surakarta: Pasca UMS

Yusuf, Tayar, 1997, Metodelogi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

http://www.metodeGranada.com/

Downloads

Published

08-12-2022

How to Cite

Sulasmi. (2022). PENGAJARAN BAHASA ARAB IBU RUMAH TANGGA DENGAN METODE GRANADA: Bahasa Indonesia. Diniyyah, 9(02), 19–33. Retrieved from https://ojs.stit-diniyyahputeri.ac.id/index.php/add/article/view/50