EFEKTIVITAS STRATEGI PERMAINAN ULAR NAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Bahasa Indonesia
Keywords:
Strategi Permainan Ular Naga, Hasil Belajar SiswaAbstract
ABSTRACT
Effectiveness of Dragon Snake Game Strategy on Student Learning Results on Islamic Education At Class II Elementary School Pasir Tinggi, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam
The background of this research is that learning outcomes are one of the benchmarks for the success of a student in the learning process. Therefore teachers need to pay attention to the strategies that will be used in the learning process. Based on the results of the interviews and initial observations, the researchers found that the learning outcomes of students at the elementary school were low. So that researchers are interested in applying the Dragon Snake Game strategy in learning. This study aims to find out how effective the Dragon Snake Game strategy is on student learning outcomes in the subject of Islamic Religious Education in grade II at SDN 19 Pasir Tinggi, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam.
This type of research was ecimperous with post test testing only design. This research was held on 7 March 23 May 2022. The study population was the secondary class of elementary school 19 Pasir Tinggi, Nagari Bawan which amounted to 22 people divided into two learning classes. The sample was selected using purposive sampling technique. The limitation of research problems is how the implementation of the Dragon Snake Game in elementary school 19 Pasir Tinggi on Islamic Education Line, how students learning outcomes on Islamic education subjects in Class II C elementary school 19 high sands, and how effectiveness of dragon snake games on student learning outcomes on Islamic education subjects in class II C elementary school 19 High Sand. Data collection techniques used tests, in the form of 10 points and data collecting used used sheets. Then the data is processed using the difference test or t-test.
Based on data analysis, the average value of the results of the experiment class is 87.9 after obtaining treatment, while the average value in the control class is 79.9. In hypothesis testing obtained by a result of amounted and 1.724 in real level α = 0.05. It can be concluded that the Dragon Snake Game Strategy is effective on the student learning outcomes.
ABSTRAK
EFEKTIVITAS STRATEGI PERMAINAN ULAR NAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS II SDN 19 PASIR TINGGI, NAGARI BAWAN, KECAMATAN AMPEK NAGARI, KABUPATEN AGAM
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur untuk keberhasilan seorang siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu guru perlu memperhatikan strategi yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal peneliti menemukan bahwa rendahnya hasil belajar siswa di SD tersebut. Sehingga peneliti tertarik untuk menerapkan strategi Permainan Ular Naga dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektivan strategi Permainan Ular Naga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas II SDN 19 Pasir Tinggi, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam
Jenis penelitian ini adalah ekperimen dengan teknik Post Test Only Design.. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 Maret- 23 Mei 2022. Populasi penelitian adalah anak kelas II SDN 19 Pasir Tinggi, yang berjumlah 22 orang yang terbagi dalam dua kelas belajar. Sampel dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Batasan masalah penelitian adalah bagaimana pelaksanaan Permainan Ular Naga di SDN 19 Pasir Tinggi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas II C SDN 19 Pasir Tinggi, dan bagaimana efektivitas Permainan Ular Naga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas II C SDN 19 Pasir Tinggi. Teknik pengumpulan data digunakan tes perbuatan, berupa soal sebanyak 10 butir dan alat pengumpul data digunakan lembaran jawaban. Kemudian data diolah menggunakan uji perbedaan atau Uji-t.
Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai rata-rata hasil kelas ekperimen adalah 87,9 setelah mendapatkan perlakuan, sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 79,9. Pada pengujian hipotesis diperoleh dengan hasil sebesar dan sebesar 1,724 pada taraf nyata α= 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi permainan ular naga efektif digunakan terhadap hasil belajar siswa.
References
Latifa Hanum, Rahmah Johar. Strategi Belajar Mengajar
Andi Budimanjaya, Alamyah Sai. 2016. 95 Strategi Mengajar Multipel Intelligences
Mengajar Sesusai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa. Jakarta: KENCANA
Djulaekah, Endang. Meningkatkan Kemampuan Emosional Melalui Permainan Ular
Naga Anak Kelompok B di TK Hidayatus Shibyan. Surabaya: Universitas Negri Surabaya
Asfar, Irfan Taufan dkk. 2021. Integrasi Permainan Tradisional “lojo-lojo pindip”
Dalam Model Pembelajaran Problem Guided Solving Discovery. Bandung: Media Sains Indonesia
Yudha, Rahmat Putra. 2018. Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik serta Hubunganya dengan Hasil Belajar. Kalimantan Barat: Yudha English Gallery
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Diniyyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.