Komunikasi Dakwah Melalui Rumah Baca Bagi Anak-anak

bahasa Indonesia

Authors

  • Harvius Harvius STAI YDI LubukSikaping
  • Rosi Yulita Sekolah Tinggi Agama Islam YDI Lubuk Sikaping
  • Nining Yus Mei Nining Yus Mei Sekolah Tinggi Agama Islam YDI Lubuk Sikaping

Keywords:

Dakwah, rumah baca, anak-anak

Abstract

Abstrak.

Kemampuan berkomunikasi yang baik bagi anak anak merupakan indikator penting dalam perkembangan kognitif anak yang berhubungan langsung dengan kehiupan sehari hari.Dakwah adalah kewajiban bagi ummat untuk menyampaikan yang baik dan benar.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana media buku melalui membaca bagi anak anak. Dan program apa saja yang di selenggarakan oleh rumah baca dalam menyampikan dakwah dan meningkatkan komunikasi anak anak. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif.Adapun hasil dari penelitian ini adalah terdapat materi materi dakwah yang disampiakn di rumah baca masyarakat bagi anak anak seprti  bekerja sama dan saling tolong menolong, membantu orang tua dan menolong adik adik.  Jujur dalam segala hal. Adapun program-program yang dilakukan adalah (1) Pentas kutu buku, (2) Lapak Baca dan Pentas Buku, (3) Pentas seni dan Budaya dari buku, (4) English day, (5) kegiatan membaca minggu ceria.

Author Biographies

Rosi Yulita, Sekolah Tinggi Agama Islam YDI Lubuk Sikaping

Abstrak.

Kemampuan berkomunikasi yang baik bagi anak anak merupakan indikator penting dalam perkembangan kognitif anak yang berhubungan langsung dengan kehiupan sehari hari.Dakwah adalah kewajiban bagi ummat untuk menyampaikan yang baik dan benar.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana media buku melalui membaca bagi anak anak. Dan program apa saja yang di selenggarakan oleh rumah baca dalam menyampikan dakwah dan meningkatkan komunikasi anak anak. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif.Adapun hasil dari penelitian ini adalah terdapat materi materi dakwah yang disampiakn di rumah baca masyarakat bagi anak anak seprti  bekerja sama dan saling tolong menolong, membantu orang tua dan menolong adik adik.  Jujur dalam segala hal. Adapun program-program yang dilakukan adalah (1) Pentas kutu buku, (2) Lapak Baca dan Pentas Buku, (3) Pentas seni dan Budaya dari buku, (4) English day, (5) kegiatan membaca minggu ceria.

Nining Yus Mei Nining Yus Mei, Sekolah Tinggi Agama Islam YDI Lubuk Sikaping

Abstrak.

Kemampuan berkomunikasi yang baik bagi anak anak merupakan indikator penting dalam perkembangan kognitif anak yang berhubungan langsung dengan kehiupan sehari hari.Dakwah adalah kewajiban bagi ummat untuk menyampaikan yang baik dan benar.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana media buku melalui membaca bagi anak anak. Dan program apa saja yang di selenggarakan oleh rumah baca dalam menyampikan dakwah dan meningkatkan komunikasi anak anak. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif.Adapun hasil dari penelitian ini adalah terdapat materi materi dakwah yang disampiakn di rumah baca masyarakat bagi anak anak seprti  bekerja sama dan saling tolong menolong, membantu orang tua dan menolong adik adik.  Jujur dalam segala hal. Adapun program-program yang dilakukan adalah (1) Pentas kutu buku, (2) Lapak Baca dan Pentas Buku, (3) Pentas seni dan Budaya dari buku, (4) English day, (5) kegiatan membaca minggu ceria.

References

Amelia, Zahra. (2020). "Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Media Big Book".Skripsi, 77 Hal.,Universitas Al-Azhar Indonesia, Jakarta Selatan.

Anggraini, Siti. (2016). Budaya Literasi dan Komunikasi. WACANA Jurnal Ilmiah, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo Baragama, Jakarta Selatan, Indonesi.

Arifin, Dkk. (2017). Jurnal Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat Tanah Ombak Di Purus III Padang Sebagai Sumber Belajar. Padang : Jurnal Informasi Perpustakaan Kearsipan.

Cangara, Hafied. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo.

Desi, Yona Prima. (2018). Dongeng Panjang Literasi Indonesi. Padang : Kabarita.

Bahri, Husnul. (2018). ”E-Journal Strategi Komunikasi Terhadap Anak Usia Dini". 50 Hal., IAIN Bengkulu, Bengkulu : s.n., 2018, Vol. XI.

Fatchuriyah, Risa Azimatul. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Permainan Balok di Unit Sentra Balok. Skripsi, 67 Hal., Universitas Negeri Semarang, Semarang Indonesia.

Jene, Octroaica Cempaka. 2013. "Peranan Taman Bacaan Masyarakat Dalam Menumbuhkan Budaya Baca Anak di Taman Bacaan Banyumanik-Semarang". Skripsi, 3 Hal., Universitas Diponegoro, Semarang.

Kalida, Muhsin. (2012). Strategi Networking TBM. Jakarta : Cakruk Masyarakat Publisher.

Kemendikbud RI. (2016). "Jurnal Akrab Aksara Agar Berdaya Membangun Literasi". Jakarta.

Khhoiruddin, Dkk. (2016). "Menumbuhkan MInat Baca Sejak Dini di Taman Baca Masyarakat". Jurnals.l. : Annaf.

Rizal, Dimas Aditya. (2020). "Pemanfaatan Taman Baca Guna Memperbaiki Kerusakan Berbahasa Pada Anak Akibat Lagu Belah Durian di Desa Kalisar”i. Universitas Muhammadiyah Surakrta, Surakarta 2020, Vol. 5.

Uchjana, Onong. 2005. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : Rosdakarya.

Usman, Husaini dan Akbar, Purnomo Setiady. (2017). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta : Bumi Aksara.

Wiyani, Novan Ardy. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Gawa Media.

Downloads

Published

01-12-2022

How to Cite

Harvius, H., Yulita, R., & Nining Yus Mei, N. Y. M. (2022). Komunikasi Dakwah Melalui Rumah Baca Bagi Anak-anak: bahasa Indonesia. Diniyyah, 9(02), 62–81. Retrieved from https://ojs.stit-diniyyahputeri.ac.id/index.php/add/article/view/41