NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM Q.S AN-NISA’: 36 DAN PERBANDINGANNYA MENURUT TAFSIR AL-MISHBAH, IBNU KATSIR, AL-MARAGHI

Authors

  • Almuhardi safarman IAIN Bukittinggi
  • Junaidi IAIN Bukittinggi

Abstract

Abstrak

Saat sekarang ini banyak hubungan manusia dengan Allah sangat jauh seperti banyaknya para penista agama, bahkan ada yang mengatakan bahwa paham radikalisme berawal dari orang-orang yang hafiz Al-Quran. Dan juga hubungan manusia dengan sesama sekarang semakin rusak, seperti terjadinya pembunuhan terhadap ulama, muballigh dan para aktivis dakwah, terjadinya pencurian dan perampokan dimana-mana. Penelitian ini merupakan penelitian Pustaka atau Library Research. Kemudian dalam teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa menganalisis tafsir kemudian mencari tambahan data dari buku, dan jurnal yang terkait dengan pembahasan. kemudian dalam teknik analisis data yang penulis gunakan adalah pertama Induktif, Deduktif dan Komperatif. Maka dapat penulis simpulkan bahwa didalam ayat tersebut terdapat tiga macam nilai yaitu nilai kepada Allah (aqidah), Kemudian nilai akhlak terhadap sesama, Kemudian nilai akhlak terhadap diri sendiri, seperti larangan bersifat angkuh dan sombong. Kemudian perbandingan nilai tersebut menurut ketiga tafsir adalah tentang makna dari kata tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh perbandingan selanjutnya tentang makna dari  teman sejawat selanjutnya tentang makna dari kata Ibnu Sabil.

Kata Kunci: Nilai-nilai dan Pendidikan Akhlak

 

Downloads

Published

31-12-2021

How to Cite

Almuhardi safarman, & Junaidi. (2021). NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM Q.S AN-NISA’: 36 DAN PERBANDINGANNYA MENURUT TAFSIR AL-MISHBAH, IBNU KATSIR, AL-MARAGHI. Diniyyah, 8(02). Retrieved from https://ojs.stit-diniyyahputeri.ac.id/index.php/add/article/view/17

Issue

Section

Articles