Pendidikan Islam sebagai Instrumen Maqashid Al Syariah (Studi Pemikiran Syekh Sulaiman Ar-Rasuli)

Konsep Pendidikan Islam, Konsep Maqashid Al Syari'ah, Biografi Syekh Sulaiman Ar-Rasuli

Authors

  • Yudi Gucandra Yudi IAIN Bukittinggi

Keywords:

Pendidikan Islam, Maqashid Al Syari’ah,  Syekh Sulaiman Ar-Rasuli, Pendidikan Islam, Maqashid Al Syari’ah, Syekh Sulaiman Ar-Rasuli

Abstract

Abstrak

Pendidikan Islam di Indonesia masih memiliki berbagai macam problematika yang tak kunjung terselesiakan, mulai dari problem internal dan eksternal pendidik hingga kontribusi peserta didik pasca menyelesaikan pendidikan. Pendidikan Islam diharapkan mampu memberikan ruang aman dan kemaslahatan bagi umat manusia. Di sisi hukum Islam, Maqashid Al Syari’ah meruapakan sebuah konsep yang diupayakan untuk menjaga sisi kehidupan manusia yaitu agama, jiwa, pikiran, harta dan keturunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah pemikira Syekh Sulaiman Ar-Rasuli tentang pendidikan Islam dan Integrasi pendidikan Islam dengan Maqashid Al Syari’ah. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi pemikiran tokoh (Library Research), sedangkan pendekatan yang digunakan adalah Hermeneutika dan sumber primer yang digunakan adalah karya Syekh Sulaiman Ar-Rasuli yang berjudul Buku Pedoman Hidup Di Alam Minangkabau menurut Garisan Adat Dan Syarak. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan Islam merupakan instrumen yang digunakan oleh Syekh Ar-Rasuli dalam menerapkan konsep Maqashid Al Syari’ah. Integrasi keduanya menunjukkan pemeliharaan terhadap sisi kehidupan manusia yang dilakukan melalui pendidikan Islam.

 

Kata Kunci: Pendidikan Islam, Maqashid Al Syari’ah,  Syekh Sulaiman Ar-Rasuli

Downloads

Published

31-12-2021

How to Cite

Yudi, Y. G. (2021). Pendidikan Islam sebagai Instrumen Maqashid Al Syariah (Studi Pemikiran Syekh Sulaiman Ar-Rasuli): Konsep Pendidikan Islam, Konsep Maqashid Al Syari’ah, Biografi Syekh Sulaiman Ar-Rasuli. Diniyyah, 8(02). Retrieved from https://ojs.stit-diniyyahputeri.ac.id/index.php/add/article/view/16

Issue

Section

Articles