POLA PEMBINAAN KARAKTER PADA PONDOK PESANTREN DINIYYAH PASIA KABUPATEN AGAM

Bahasa Indonesia

Authors

  • Hanton Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Alhussunnah Bukittinggi

Abstract

abstract

Pembinaan karakter merupakan permasalahan yang sangat penting di dalam dunia pendidikan dikarenakan itu merupakan suatu tujuan utamanya. Oleh karena itu lembaga pendidikan Islam mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk, mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. Didalam pelaksanaannya dilapangan tentu masing-masing lembaga pendidikan mempunnyai pola tersendiri dalam pembinaan karakter para santrinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan materi, nilai dan tradisi dalam pembinaan karakter sertastrategi pembinaan karakter pada pondok pesantren Diniyyah Pasia Kabupaten Agam.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan pengumpulan datanya dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, Adapun sumber data penelitian kepala madrasah, guru dan santri. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dalam pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi pembinaan pendidikan karakter pada Diniyyah Pasia lebih menekankan aspek religius, disiplin, peduli lingkungan. Nilai yang ditanamkan di Diniyyah Pasia yaitu nilai religius dan disiplin. Tradisi Diniyyah Pasia adalah kebebasan berorganisasi, kelas santri laki-laki dan perempuan dipisah dan wajib tinggal di asrama.

Keywords: Pola, Pendidikan Karakter

Downloads

Published

31-12-2021

How to Cite

Hanton. (2021). POLA PEMBINAAN KARAKTER PADA PONDOK PESANTREN DINIYYAH PASIA KABUPATEN AGAM: Bahasa Indonesia. Diniyyah, 8(02). Retrieved from https://ojs.stit-diniyyahputeri.ac.id/index.php/add/article/view/14

Issue

Section

Articles