MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
indonesia
Abstract
Dalam mengupayakan pembelajaran efektif, maka pembelajaran di kelas ada kesinambungan dan sangkut paut dengan keadaan dan situasi dimana peserta didik tinggal. Peserta didik dapat dilibatkan dalam suatu proses pembelajaran yang dimulai dengan mengamati permasalahan yang timbul disekelilingnya kemudian mencari tahu bagaimana cara memecahkan persoalan tersebut. Oleh karena itu Pembelajaran dengan menggunakan Model Problem Based Learning dianggap sebagai model yang tepat untuk digunakan sebagai model, karena menggiring siswa untuk lebih kritis dan realistis. Namun, dalam pelaksanaannya, masih terdapat kekeliruan dalam penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Beberapa buku dari jenjang SD, SMP maupun SMA masih ditemukan kesalahan dalam memberikan masalah yang belum memenuhi kategori masalah yang digunakan dalam PBL. Selain itu, beberapa pendidik yang menggunakan model PBL terlihat lebih aktif dari pada siswanya, sedangkan hal tersebut tidak sesuai dengan karakteristik PBL. Oleh karena itu, dalam makalah ini akan dipaparkan secara umum yang berhubungan dengan Model Problem Based Learning.
Kata Kunci : Pembelajaran, Model , Problem Based Learning
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Diniyyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.